Menggabungkan Video dengan Subtitle Dengan MKVToolnix

Menggabungkan Video dengan Subtitle Dengan MKVToolnix


Terkadang terbesit di benak kita untuk memasukkan subtitle pada video hingga bisa menjadi hardsub. Hardsub di sini, maksudnya kita tidak memerlukan file subtitle untuk diload manual, misal .srt atau .ass.
Subtitle sudah 'menyatu' dalam video. Namun perlu diingat, 'penyatuan' ini bukanlah bersifat permanen. Dengan kata lain, sub menempel pada gambar, tanpa memerlukan file berkestensi khusus substitle. Sub masih bisa dibuang atau diedit kembali kok. Jadi tenang saja... Anggap saja kita telah memiliki substitle kita sendiri. Dan kita pun ingin mereplace subtitle bawaan yang berbahasa Inggris, atau memiliki bahasa 'translate Mbah Google'. Untuk menggapai impian (cie... impian) itu, kita bisa menggunakan software yang satu ini. Yup, yup.. Namanya mkvtoolnix. Tool yang sangat membantu deh..
Memiliki ukuran master file yang tidak terlalu besar, hanya 8 MB saja. Tampilannya pun simpel dan tidak banyak ikon, tapi mudah dipahami. Untuk memasukkan video, kita bisa mengklik tombol add dan memilih video dengan ekstensi mkv. Kenapa mkv? Karena eksktensi ini memberikan 'kesempatan' pada siapa pun untuk bisa mengambil dan mengoprek sub di dalamnya. Sehingga dengan memakai toolnix ada software sub tertentu, file subtitle bisa kita ambil dari mkv. Begitu lah...
Biasanya akan ada tiga default list yang nongol, yaitu video, audio, dan substitle. Kita uncheck bagian subtitle. Biasanya dia berada di urutan paling buntut sendiri. Setelah uncheck, proses berikutnya adalah.. memasukkan subtitle buatan kita.  Kita tetap memanfaatkan fitur add sebelumnya, lalu pilih file dengan ekstensi .srt, .ass , atau ekstensi sub lainnya.


Setelah itu, kita bisa menentukan dimana hasil atau output dari proses akan ditempatkan. Defaultnya adalah di folder yang sama dengan file asli, namun mendapatkan embel-embel (1). Kemudian, kita bisa klik start muxing dan tunggu proses selesai. Akan ada tampilan seperti ini setelah proses berakhir. Klik OK dan.... JOSS!! Akan berhasil me-muxing video dan subtitle Anda!
INGAT! Jika hasilnya masih sama dengan file awal (subtitle tidak berubah), kemungkinan besar dikarenakan kita belum meng-uncheck subtitle asli. Pastikan itu sudah dilakukan. Jika tidak akan sia-sia lho... Oh ya, proses mux ini lumayan cepat. Hanya dalam hitungan detik saja kok. Karena sepertinya, mkvtoolnix tidak melakukan rendering per frame dari video. Bukan melakukan proses pengecekan dan tidak memiliki algoritma seperti video converter atau renderer. Sepertinya namanya, mkvtoolnix hanya melakukan mux alias menempelkan sub ke dalam video, tanpa basa-basi. Hehehe... Sotfware yang bagus dan sangat direkomendasikan bagi Anda para muxer video .mkv!



0 Response to "Menggabungkan Video dengan Subtitle Dengan MKVToolnix"

Post a Comment