Mematikan AutoPlay pada Windows XP

Mematikan Autoplay pada Windows XP

Keberadaan Autoplay memang terkadang mengganggu. Sangat mengganggu. Selain itu, autoplay juga sering dimanfaatkan oleh virus dan worm untuk menyebarkan dirinya ke dalam komputer korban dari media removable. Itu tidaklah heran, karena saat autoplay aktif, dia akan langsung melakukan inspeksi terhadap setiap file di dalam removable. Dan dalam proses itu, tentunya sistem operasi akan menjalankan file secara background. Dengan ini, maka file-file dalam flashdisk tadi sudah 'diaktifkan sesaat' untuk diperiksa. Dan seringkali, celah ini jadi jalan utama virus untuk menyebar. Hmmm. repot juga deh...
Ada baiknya kita melakukan pencegahan awal ini. Memang sih, jika autoplay dimatikan belum 100 persen bisa menghentikan peredaraan narkoba eh.. maksudnya virus komputer. Tapi, setidaknya, jalan awal virus untuk melakukan kudeta di komputer Anda bisa tersendat. Itu pun dengan catatan anda tidak menjalankan file yang sudah tersisipi virus di dalam flashdisk tadi.
Untuk menonaktifkan autoplay, kita bisa melakukan step-step berikut :
Masuk ke Run, lagi ketik gpedit.msc
Setelah muncul tampilan, kita pilih computer configuration kemudian administrative templates.
Setelah itu kita pilih sub item System. Lalu bagian setting akan muncul begitu banyak opsi yang bisa kita atur. Kita cari setting dengan nama Turn off autoplay.


   
    Sesuai namanya, fitur ini digunakan untuk menonaktifkan Autoplay. Setting defaultnya adalah Disabled. Untuk kita kita ubah menjadi Enabled. Klik dua kali pada turn of autoplay, ganti opsi disabled menjadi enabled. Kita juga bisa menentukan apakah dalam mematikan autoplay, akan berefek pada semua drive, termasuk flashdisk dan CD, atau hanya CD saja. Pengaruan satu ini dilakukan pada bagian Turn off autoplay on. Ada dua settingan di situ. Pilih yang anda kehendaki.
       Jika sudah klik apply atau Ok. Sip, sekarang keterangan dari autoplay sudah menunjukkan bila fitur itu dalam keadaan enabled. Semoga dengan ini bisa membantu agar komputer tidak langsung asal menjalankan autoplay di setiap removable yang menancap. Sehingga dengan itu bisa mengurangi resiko terkena virus atau hal tak diinginkan lain.



Semoga bermanfaat!



0 Response to "Mematikan AutoPlay pada Windows XP"

Post a Comment