Menghilangkan Virus Shortcut di Komputer


Menghilangkan Virus Shortcut di Komputer

Virus shortcut merupakan varian virus yang sudah melalangbuana di dunia perkomputeran.  Jenis seperti ini seringkali membuat computer kebanjiran shortcut sampah yang sama sekali tak berguna di seluruh penjuru drive. Masalah lain yang timbul adalah ketika shortcut tersebut dihapus, maka beberapa saat kemudian akan kembali menampakkan dirinya di folder awal sebelum di delete tersebut. Hal ini tentu sangatlah merepotkan pengguna yang melihat di segenap folder computer tertanam shortcut-shortcut tak bertuan seperti Harry Potter.lnk serta Microsoft.lnk dan sebagainya.

Cara mengatasi Virus shortcut :

 Matikan system restore. Dengan langkah-langkah yaitu klik kanan My Computer - Properties - System Restore Contreng opsi Turn off system restore on all drivesMatikan proses virus yaitu wsrcipt.exe. Dilakukan dengan cara masuk ke C è WINDOWS è System32 lalu hilangkan proses wscript.exe. Bisa juga menggunakan Task Manager maupun sofwatre utility seperti  CProccess.

·        Pedoman selanjutnya adalah delete  file bernama “database.mdb” alias induk inang virus yang bersemayam di My Documents. Tekan Shift + Del agar file tersebut terhapus tetapi tidak bermigrasi menuju Recycle Bin. Setelah database.mdb dapat di hapus secara permanen, sekarang giliran file-file virus duplikat berekstensi .lnk yang terdapat di berbagai penjuru drive Anda siap menuju kuburannya. Pakailah  fitur “Search” kemudian klik “More advanced options” dan contreng pada opsi atau pilihan  "Search system folders" dan juga "Search hidden files and folders” agar hasil pencarian menjadi lebih valid dan komplit.


Daftar file yang dicari :
1.      Autorun.inf ukurannya 8 KB.
2.  Thumb.db ukurannya 8 KB. Perhatikan bahwa nama file tersebut bernama “Thumb” tanpa  embel-embel huruf “s” di belakang huruf selanjutnya.
3.       File berukuran 1 KB dengan iconnya sebuah folder dan memiliki tipe file shortcut.
4.   File dengan ekstensi .lnk lainnya dengan ukuran rata-rata 1 KB. Setelah berbagai jenis file tersebut terdeteksi maka hapuslah dengan menekan Shift + Del secara bersamaan. Langkah terakhir, Bersihkan registry Autorun yang dibuat oleh virus varian ini. Masuk ke Run kemudian ketikkan registry sehingga muncul tampilannya . Langkah selanjutnya klik “edit” è “find” kemudian masukkan tag database.mdb.


Selain jenis virus shortcut yang bekerja dengan terus menggandakan dirinya sebagai ekstensi .lnk tersebut, ternyata ada juga virus shortcut dengan model lain. Yaitu jenis virus yang membuat icon berbentuk drive di desktop dengan nama “Full House Drive”. Entah dari mana ide sang Virus Maker-nya sehingga memilih nama tersebut sebagai identitas virus. Varian ini sebenarnya tak memiliki bahaya yang teramat sangat, hanya saja kita pasti merasa risih apabila komputer kita didiami makhluk seperti ini. Apalagi beberapa antivirus tak mampu mendeteksinya, sebut saja Smadav yang asli karya anak bangsa. Parahnya lagi, file virus tersebut tak bisa dihapus dengan cara biasa. Tombol Delete seolah tak memiliki efek apapun. Jika kita klik kanan maka opsi yang akan muncul hanyalah “Create shortcut” dan “Propeties”. Lalu bagaimana teknik mengatasinya ? Ternyata sangatlah mudah dan tak sesulit yang dibayangkan. Jika kita sering mengutak-atik computer untuk memEcahkan suatu masalah, maka semua pasti ada jalannya. Langkah-langkahnya yaitu :

   Klik kanan pada desktop è Arrange icons by èRun Desktop Cleanup Wizard. Akan muncul tampilan awal. Lalu, contreng icon yang ingin dibersihkan. Pilih file bernama “Full House Drive” tadi.  Langkah terakhir tinggal klik next dan finish. Maka virus shortcut yang menyebalkan tadi dapat dibuang secara permanen. Sehingga pada desktop akan muncul sebuah folder bernama “Unused Desktop Shortcut” yang berisikan file shortcut tak berguna tadi.

Jenis virus lokal lainnya yang tak kalah mentereng adalah virus surat. Sebenarnya varian ini tak terlalu berbahaya. Hanya saja virus ini akan mendisable secara permanen Task Manager yang sering kita gunakan dikala masalah datang menghampiri. Ciri –ciri :
1.       Ctrl + Alt + Del tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
2.       Klik kanan pada taskbar, lalu pilih Task Manager juga tidak menampakkan dirinya.
3.       Lewat command prompt è taskmgr, masih tidak berfungsi.
4.       Melalui run è taskmgr, tak beroperasi.
5.       Masuk dengan explorer è C è Windows è System32 è taskmgr, tidak bisa dijalankan dan muncul pesan peringatan bahwa taskmanager telah digunakan oleh program lain.

     Bagaimana cara mengatasinya ? Padahal dengana Task Managerlah kita dapat menghentikan suatu proses dari suatu program atau virus tidak berguna yang berjalan di komputer kita. Tenang saja, kita dapat menggunakan software bernama CProccess. Langkahnya yaitu install CProccess di komputer Anda, kemudian jalankan.
     Di sini baru ketahuan virus menyamarkan diri sebagai proses bernama smss.exe. Tetapi kelemahan virus ini adalah bahwa bentuk icon dari smss.exe palsu berupa foder. Hal ini tentunya memberikan kita kemudahan untuk membunuh proses virus, jadi tidak mematikan smss.exe yang asli. Klik tanda X merah untuk membunuh proses virus tersebut. Setelah beberapa saat maka Task Manager  yang multifungsi tersebut dapat “hidup” kembali.












1 Response to "Menghilangkan Virus Shortcut di Komputer"