Memperbaiki Kinerja Komputer Dengan Glary Utilities


Memperbaiki Kinerja Komputer Dengan Glary Utilities

Kinerja komputer yang berat tentu juga membutuhkan perawatan intensif dan berkala. Terkadang, tidak hanya virus saja yang datang. Malasah lain yang kadang tak terduga pun sering menghampiri. Terutama yang berhubungan dengan masalah pengaturan registry dan cache di komputer. Nah, agar komputer bisa terawat dan lebih terjaga kesehatannya, software utility performance, macam Tune Up bisa menjadi senjata.



Tapi ya itu... Tune Up juga memakan resource komputer yang tak sedikit. Bagi komputer dengan spek menengah ke atas sih tidak masalah. Tapi, bagaimana dengan komputer dengan komposisi hardware yang ala kadarnya. Hmm.. bakal repot deh. Ini pun pernah penulis alami sendiri ketika masih berada di sekolah. Komputer bengkel terasa amat-amat tersiksa, walau hanya untuk menjalankan Tune Up saja. Padahal fitur Tune Up diharapkan bisa membantu mengatasi masalah yang sempat mengganjal komputer tersebut. Tidak ada pilihan lain, terpaksa mencari software alternatif nih. Dan setelah browsing kesana-kemari dengan wangsit dari Mbah Google, akhirnya ketemu satu deh yang lumayan.Namanya Glary Utilites.

Hmm... Ukuran masternya kecil. Cuma 5MB. Wah, kecil juga ya. Awalnya sempat ragu sih, takut kinerjanya sekecil ukurannya. Hehehe... Tapi setelah menghilangkan suudzan itu, akhirnya coba juga deh Install Glary Utilites.Dan wuss.wuss. proses instalasi cepat. Saat program dijalankan , tampilan sederhana langsung terpampang. Meski begitu, fitur yang dimiliki tidak kalah dengan Tune Up Utilites. Ada mode cleann up, optimize, hingga pengaturan privay dan security. Kita juga bisa mendapatkan kembali file yang terhapus (tapi tidak permanen) dengan fitur File Undelete. Ada juga file encrypter yang membuat file bisa tergembok oleh suatu password.

Terdapat fitur 1-clik maintenance. Hampir sama dengan di Tune Up. Dengan ini, kita istilahnya bisa melakukan 'scanning' untuk memeriksa masalah yang mendera komputer atau laptop.Kita bisa memilih bagian mana saja yang akan ikut discan dan diperbaiki oleh Glary. Ada registry cleaner, untuk membersihkan registry yang bermasalah. Kemudian shortucts fixer, fitur untuk menghapus shortcut tidak penting, hingga Startup Managger, yang mengatur file-file startup apa saja yang membahayakan dan akan menghapusnya.

Hmmm. Tidak ada salahnya software dengan ukuran kecil ini dicoba. Secara tampilan dan tema memang sederhana dan tidak menonjol. Dominasi tulisan dengan sedikit icon membuat Glary mungkin kurang ramah di mata. Tapi, fasilitasnya tidak kalah mentereng denga Tune Up dan utilites tool lain.  Dan jelas, ukuran file yang kecil dan tidak memakan banyak resource menjadi nilai lebih tersendiri.
Selamat mencoba!

0 Response to "Memperbaiki Kinerja Komputer Dengan Glary Utilities"

Post a Comment