CCleaner, Saatnya Mengembalikan Komputer Kembali Fresh


CCleaner, Saatnya Mengembalikan Komputer Kembali Fresh

Pernah suatu hari laptopku mengalami hal menyebalkan. Banyak sekali file tak berguna terkapar di drive. Baik itu gambar, musik, atau sampah-sampah lain. Proses pun menjadi lambat. Selain itu, banyak juga histori tak penting yang entah kapan penulis akan membukanya lagi.
Wah, santai saja bro gan! Tidak perlu repot, dan membuka satu persatu aplikasi. Tidak perlu juga mengacak registry tanpa pengetahuan. Malah repot nanti. Dan memang, keberadaan softwarre CCleaner dan software sejenisnya bagai angin segar saja. Dengan ini, kita hanya perlu klak-klik-kluk, dan JRENGG!! … proses akan berjalan sendiri. Dicombo dengan disk defragmenter dan Glary Utilites, ketiganya sering menjadi andalanku untuk 'merawat' laptop. Hehehe...




     CClaner sendiri memiliki tampilan simpel. Terdiri dari empat menu utama, yaitu Cleaner,Registry, Tools, dan Options. Cleaner, seperti namanya memiliki tugas untuk membersihkan dan menyapu sampah di berbagai tempat. Mulai dari cache, history web browser, recycle bin, run di start menu, temporary files, dan semacamnya. Karena memang, terkadang tanpa kita sadari, keberadaan file-file 'gak penting' seperti ini bisa membebani kinerja komputer. Bahkan bisa menguras space disk cukup besar.
     Sementara Registry, job-nya adalah memastikan agar registry di Windows bisa berjalan dengan normal. Dan tidak dipenuhi dengan registry 'spam'. Spam registry ini bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari uninstall software yang tak sempurna, software trial, dan sebagainya. Hal ini biasanya menyebabkan terjadinya missing shared Dll. Yaitu momen dimana suatu software sudah hilang, namun masih meninggalkan jejak berupa registry di PC kita. Untuk itulah ‘makhluk-makhluk gentayangan’ seperti ini wajib kita lenyapkan dari muka bumi.. eh.. dari kompi kita maksudnya. Wuih.. sangar banget tuh perumpamaannya. Lumayan lah. Dengan CC Cleaner ini, registry bisa lebih terawat deh.
     Tools sendiri sangat serbaguna. Bisa sebagai alat uninstall software yag membandel, untuk membuat system restore, mengatur startup yang nongol di awal booting, hingga drive wiper. Drive wiper adalah fitur yang digunakan untuk memaksimalkan space di drive. Fungsi ini akan melakkukan scanning, dan jika diperlukan bakal membuang file gak penting, atau file yang lama tak dijamah.
     Options, lebih terfokus pada pengaturan di dalam CCleaner. Ada fitur Include dan Exclude. Include berguna untuk memasukkan nama file atau folder yang ingin dihapus jika proses Cleaner bekerja. Sedangkan Exclude untuk mencegah suatu file atau folder dihapus saat CClaner bekerja.
     Hmm... Sofware ini memang menarik buatku. Selalu menjadi salah satu senjata utamaku dalam menjaga PC.Walau sebenarnya kita juga bisa membersihkan PC secara manual dengan mengobrak-barik registry sendiri, atau membersihkan setiap web browser satu persatu. Tapi setidaknya, keberadaan CCleaner mampu meringankan kerja kita dan membantu PC kembali dalam peak performance.

0 Response to "CCleaner, Saatnya Mengembalikan Komputer Kembali Fresh"

Post a Comment