Kaijin Dictionary, Kamus Bahasa Jepang - Indonesia

Kaijin Dictionary, Kamus Bahasa Jepang - Indonesia

Kebiasaan menonton anime dan film Jepang, membuatku jadi tertarik untuk 'sekedar' memahami sepatah dua patah kata dari matahari terbit. Eh.. Meskipun, jika melihat film ada subtitle-nya (baik Indo maupun Inggris) tapi tetap saja, ada perasaan mengganjal. Perasaan ingin mengetahui kata-kata bahasa Jepang, terus saja menggebu dari lubuk hati yang terdalam gan…
Hmm... Beli kamus Indonesia-Jepang?

Ah... Ribet nih! Masa harus bolak-balik kertas melulu?

Memakai software saja?

Ya, ya… Ini pilihan yang lebih bisa ditoleransi mata dan juga tidak menguras dompet. Hahaha!
Dan yang beruntung menjadi tempat pelarianku adalah Kaijin Dictionary..



Dab setelah cari-cari,mengobrak-abrik dan mengusak-asik Google, akhirnya ketemu juga nih kamus. Fuih. (Maaf, bahasanya terlalu menggebu-gebu. Padahal cuma klik doang di page 1 Google aja sudah ketemu..).
Tidak perlu waktu lama. Langsung saja jalankan program ini. Srettt! Install selesai. Time to try!
Tampilan awalnya simpel. Dengan background hitam, dan dua motif bendera dua negara, Jepang dan Indonesia. Kupikir gambar bendear itu bisa di-klik, sehingga pengguna akan berganti mode dari Jepang-Indo atau sebaliknya.Tapi, sepertinya itu pajangan doang.Lumayan sih, untuk sekedar kata-kata sederhana.

Hanya saja, penggabungan dua bahasa dalam satu 'row' sekaligus agak membingungkan. Istilahnya, Jepang dan Indo dicampur aduk jadi satu. Jadi, agak kerepotan juga sih. Dan harus diakui, kosakata di dalam Kaijin ini tidak terlalu banyak. Meski begitu, tidak terlalu buruk juga kok. Kadang ada penjelasan dari tiap kata, seperti kata benda, atau penggunaannya pada suatu kalimat.

Dan lihat di sebelah pojok kanan atas. Di sana ada beberapa tombol yang terpampang. Awalnya tidak membuatku tertarik. Karena mungkin saja itu 'hanya' semacam about us dan sebangsanya. Tapi setelah diselediki, dan ditelaah. Wuss... Paling kiri ada link dengan judul Tutorial bahasa Jepang Kim Tae. Dan begitu dibuka.. BLESS..
Kita akan disuguhi tampilan halaman web yang cukup komplit dalam penjelasan mengenai bahsa jepang. Mulai dari sistem menulis hiragana hingga kanji, tata bahasa dasar, dan sebagainya. Salah satu keunggulan dari Kaijin yang membuatnya isitmewa. Dan lebih enaknya, file ini tidak perlu sambungan internet. File sudah terpatri di dalam folder instalasi Kaijin. Mantap nih... Hehehe.. Ketahuan kalo gak punya koneksi bagus di rumah....
Kemudian di sebelahnya ada Note. Yah, tidak terlalu beda sih. Ini berisi file penjelasan, meski hanya sedikit. Tapi paling tidak bisa menambah wawasan kok.
Yup. Bagi yang mau 'coba-coba' bicara sok Jepang dan tahu makna dari bahasa negeri sakura itu, Kaijin Dictionary bisa mejadi salah satu alternatif menggantikan kamus tebal yang ada di toko. 
Selamat mencoba!

2 Responses to "Kaijin Dictionary, Kamus Bahasa Jepang - Indonesia"