PEMAKAIAN FUNGSI ADD_MONTHS PADA SQL ORACLE

PEMAKAIAN FUNGSI ADD_MONTHS PADA SQL ORACLE

Kembali lagi bertemu! Kali ini saya siap share lagi ilmu tentang sql!

     Terkadang, dalam sql oracle, kita tidak hanya melakukan manipulasi terhadap data bertipe numeric dan string saja. Tipe data Date pun sesekali meramaikan query yang memusingkan kepala. Salah satu fitur sql Oracle untuk melakukan manipulasi data tanggal adalah add_months...

Add_months? Hah, terdengar simpel...

     Yah, sepertinya tidak perlu dijelaskan dengan detail. Dari namanya saja sudah ketahuan ya, hehe. Add_months merupakan syntax yang digunakan untuk menambahkan jumlah bulan dari tanggal yang kita inputkan. Proses ini tidak hanya untuk menambahkan dari bulan sekarang, tapi juga bisa untuk melakukan pengurangan bulan.
Syntax :
Add_months(tanggal, jumlah bulan yang ingin ditambahkan)
Contoh :
Select Add_months('12-SEP-2013',1) from dual
Maka akan memiliki result :
12-OCT-2013
     Coba perhatikan, angka 1 mewakili jumlah bulan yang kita inginkan. Angka ini merupakan bilangan bulat mutlak tanpa desimal. Dengan kata lain, jika kita memasukkan bilangan desimal misalkan 1.5 atau 1, keduanya tetap akan dihitung sebagai 1. Ini juga berlaku untuk bilangan setelah koma pada 0, misalkan 0.5 atau 0.8. Meskipun data bisa dibulatkan menjadi 1, namun sql tetap membaca sebagai 0. Sehingga pemberian syntax seperti ini tidak akan berarti apa pun. Karena sekali lagi, yang dihitung adalah bulan, bukan hari, minggu, atau punjam.
Contoh :
Select Add_months('12-SEP-2013',0) from dual
Maka akan memiliki result :
12-SEP-2013 -- hasil tetap konstan, tidak terjadi perubahan.
     Bagian n jumlah di belakang ini tidak memiliki batas sih. Meski pun bulan cuma ada 12, kita tetap bisa menginputkannya dengan nominal sebesar 50, bahkan 1000. Sungguh super sekali. (Kalau ini udah aneh-aneh nih...)
Contoh :
Select Add_months('12-SEP-2013',1000) from dual
Maka akan memiliki result :
12-JAN-2097
     Penggunaan lain yang tidak kalah penting yaitu adalah pemakaian minus pada fitur ini. Yup, dengan minus bulan akan dikurangi dari tanggal yang kita inputkan.
Contoh :
Select Add_months('12-SEP-2013',-1) from dual
Maka akan memiliki result :
12-AUG-2013
     Lalu pertanyaannya, untuk apa sih syntax aneh macam begini digunakan? Memangnya ada orang yang akan melakukan penghitungan bulan?
Jawabannya : ADA!
Jelas, jelas, jelas. Setiap hari setiap saat, disadari atau tidak kita tak bisa lepas dari yang namanya tanggal alias Date. Dalam dunia bisnis dan perusahaan, tanggal merupakan komponen penting karena menyangkut masalah administrasi internal, koneksi dengan mitra usaha, hingga menjadi patokan dalam urusan pelanggan. Dan simak saja, banyak database di perusahaan besar, MAU TAK MAU menginputkan tanggal dalam setiap transaksi. Baik itu transaksi dengan stakeholder luar, transaksi jual beli dengan pelanggan, maupun untuk audit internal.
Nah, tugas kita sebagai seorang programmer, sudah barang tentu dituntut untuk bisa menyediakan data yang pas. Dan tanggal merupakan data yang sangat sensitif. Kesalahan satu hari, satu jam saja terkadang bisa menimbulkan petaka. Apalagi jika kita mendapatkan job untuk melakukan penghitungan tanggal. Hmm.. Dengan fitur Add_months ini, setidaknya kita bisa melakukan peringkasan script dalam proses tersebut, dan juga mudah untuk dipahami oleh programmer lain yang menjadi rekan kerja kita. Dan yang paling penting, fitur add_months membantu melakukan penghitungan bulan tidak secara manual, sehingga bisa meminimalisir kesalahan dari counting kita.

Insya Allah, semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat!

0 Response to "PEMAKAIAN FUNGSI ADD_MONTHS PADA SQL ORACLE"

Post a Comment